Halo Sobat UT, pada postingan sebelumnya saya share Tugas 1 Audit Manajemen makakali ini saya ingin berbagi tugas dari UT lagi yaitu Tugas 2 Manajemen Pemasaran. Mungkin sudah banyak yang menulis tentang tugas UT di internet tapi taka da salahnya saya ingin berbagi. Siapa tahu dosenya sama jadi bagi sobat yang super duper sibuk dengan pekerjaan sehari-hari (seperti yang saya alami) bisa mengerjakan tugas tepat pada waktunya. Dengan kata lain bisa dicicil sob.
Oke langsung saja ini dia tugasnya. Silahkan diambil manfaatnya. Jangan disalah gunakan. Oke…
1.
Jelaskan peran daur hidup produk bagi manajer
dalam penentuan strategi pemasaran!
Jawab :
ü Sebagai
peringatan bahwa kebijakan promosi, penetapan harga, dan distribusi seharusnya
disesuaikan semuanya mencerminkan posisi produk pada kurva tersebut.
ü Menekankan
pentingnya peremajaan lini produk sewaktu-waktu jika memungkinkan atau
mengganti dengan penawaran yang lebih menjanjikan.
ü Memberikan
indikasi tentang perkembangan suatu produk yang dapat diterima oleh konsumen.
ü Mengidentifikasi
signifikansi tren penjualan
ü Memperkirakan
sifat persaingan, biaya, dan peluang pasar yang terusberubah
2.
Sebutkan pengertian daur hidup produk .
Jelaskan uraian sekilas dari tahap perkenalan, pertumbuhan, kedewasaan, dan
penurunan!
Jawab :
Ø Siklus hidup
produk atau Product Life Cycle (PLC), yaitu suatu grafik yang menggambarkan
riwayat suatu produk sejak diperkenalkan kepasar sampai dengan ditarik dari
pasar.
Ø Menurut Mc
Daniel et al (2008, p.322), daur hidup produk adalah sebuah metafora atau
kiasan biologis yang menelusuri tahap-tahap
penerimaan sebuah produk sejak perkenalannya (kelahirannya) sampaipenurunannya
(kematiannya).
Ø Menurut
Solomon et al (2008, p.281) mengungkapkan bahwa daur hidup produk adalah sebuah
konsep yang menjelaskan bagaimana produk-produk mengalami empat tahap berbeda
dari lahir sampai mati:perkenalan, pertumbuhan, kedewasaan, penurunan.
Ø Tahap
perkenalan
Pada tahap perkenalan, pertumbuhan penjualan
lambat karena produkbaru saja dikenalkan kepada konsumen. Biaya yang
dikeluarkan untukmenjaga keberadaan produk di pasar sangat tinggi sehingga
perusahaanbelum memperoleh laba.
Ø Tahap
pertumbuhan
Pasar dengan cepat menerima produk baru
sehingga penjualan melonjakdan menghasilkan keuntungan yang besar.
Ø Tahap
kedewasaan
Periode dimana pertumbuhan penjualan mulai menurun
karena produksudah dapat diterima oleh sebagian besar konsumen potensial.
Jumlahkeuntungan mantap, stabil atau menurun yang disebabkan olehmeningkatnya
biaya pemasaran untuk melawan persaingan yang ketat.
Ø Tahap
kemuduran
Dalam tahap ini penjualan menurun dengan
tajam diikuti denganmenurunnya keuntungan yang diperoleh perusahaan.
3.
Sebutkan dua hal pokok dari perumusan
strategi pemasaran dalam daur hidup produk!
Jawab :
Dua hal pokok
dari perumusan strategi pemasaran :
a.
Pasar atau konsumen yang akan dilayani
b.
Bauran pemasaran (Product, Price, Place,
Promotion)
v Tahap
Perkenalan
1)
Strategi peluncuran, yang meliputi :
Strategi
peluncuran cepat (rapid-skimmingstrategy ) merupakan peluncuran produk baru
padaharga tinggi dengan tingkat promosi yang tinggi Strategi peluncuran lambat
(slow-skimmingstrategy) adalah peluncuran produk baru denganharga tinggi dan
sedikit promosi
2)
Strategi penetrasi, yang meliputi:
3)
Strategi penetrasi cepat
(rapid-penerationstrategy) merupakan peluncuran produk pada hargarendah dengan
biaya promosi yang besar.
4)
Strategi penetrasi lambat
(slow-penerationstrategy) merupakan peluncuran produk baru denganharga rendah
dan tingkat promosi rendah.
v Tahap
pertumbuhan : Meningkatkan kualitas produk dan menambah keistimewaanproduk
baru, mencari segmen baru, mencari salurandistribusi baru, serta melakukan
promosi melalui iklan.
v Tahap
kedewasaan:
1)
modifikasi pasar
2)
modifikasi produk
3)
modifikasi bauran pemasaran
v Tahap
kemunduran:
1)
Mencari produk yang lemah
2)
Membangkitkan lagi produk yang lemah tersebut
3)
Meninggalkan produk tersebut
4.
Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi
panjangnya perbedaan waktu masing-masing
tahap!
Jawab :
Siklus pembelian kepada produk tersebut.
Tersedianya dana penelitian
Kondisi persaingan
5.
Sebutkan strategi yang dapat ditempuh untuk
mempertahankan ataumemperluas pasar produk suatu perusahaan!
Jawab :
Ø Promosi yang
lebih agresif
Ø Menciptakan
penggunaan baru
Ø Mencari
pemakai baru produk tersebut
6.
Sebutkan taktik pemasaran dalam daur hidup
produk : focus strategis!
Jawab :
ü Tahap
Perkenalan
ü Keunggulan
perintis pasar
ü Inventor/penemu
ü Perintis
produk
ü Perintis
pasar
ü Siklus
Persaingan
ü Tahap
Pertumbuhan
ü Meningkatkan
kualitas produk dan menambahkan ciri produkyang baru serta gaya yang lebih
baik.
ü Menambahkan
model baru dan produk penyerta.
ü Memasuki
segmen pasar baru.
ü Meningkatkan
cakupan distribusinya dan memasuki salurandistribusi baru.
ü Beralih dari
iklan yang membuat orang menyadari produk(product-awareness advertising) ke
iklan yang membuat oranglebih memilih produk tertentu ( product-preference
advertising).
ü Menurunkan
harga untuk menarik lapisan berikutnya yang terdiridari pembeli yang sensitif
terhadap harga.
ü Tahap
Kedewasaan
ü Modifikasi
pasar
ü Memperluas
jumlah pemakai merek melalui:
Menarik orang yang bukan pemakai
Memasuki segmen pasar baru
Memenangkan pelanggan pesaing
ü Meyakinkan
pemakai merek sekarang untukmeningkatkan penggunaan dengan cara:
Mencoba membuat pelanggan menggunakanproduk
itu lebih sering.
Mencoba menarik pemakai untuk
menggunakanlebih banyak produk pada tiap peristiwa.
Mencoba menemukan penggunaan baru dariproduk.
ü Modifikasi
Produk
ü Peningkatan
kualitas, bertujuan untuk meningkatkankinerja fungsional produk-daya tahan,
keandalan,kecepatan, rasa.
ü Peningkatan
keistimewaan, bertujuan untukmenambah keistimewaan baru (seperti ukuran,
berat,nahan, kelengkapan tambahan, aksesoris) yangmemperluas keanekaragaman,
keamanan, ataukenyamanan produk.
ü Modifikasi
Bauran Pemasaran
ü Harga
ü Distribusi
ü Periklanan
ü Promosi
Penjualan
ü Penjualan
Personal
ü Pelayanan
ü Tahap
Penurunan
ü Meningkatkan
investasi perusahaan (untuk mendominasi ataumemperkuat posisi persaingannya).
ü Mempertahankan
level investasi perusahaan sampaiketidakpastian tentang industri itu
terselesaikan.
ü Mengurangi level
investasi perusahaan secara selektif, denganmelepas kelompok pelanggan yang
tidak menguntungkan, sambilmemperkuat investasi perusahaan di tempat-tempat
yangmenguntungkan
ü Menuai
(“memerah”) investasi perusahaan untuk memulihkankas secepatnya.
ü Melepaskan
bisnis itu secepatnya dengan menjual asetnyamelaui cara yang paling
menguntungkan.
7.
Jelaskan beberapa hal penyebab pertumbuhan
yang lambat daritahap perkenalan!
Jawab :
Ø Tertundanya
perluasan kapasitas produksi
Ø Masalah-masalah
teknis
Ø Terlambatnya distribusi
produk ditingkat pengecer akhir
Ø Sedikitnya
konsumen yang mampu membeli (jika harga produk mahal)
8.
Jelaskan hal-hal terkait strategi perkenalan:
Jawab :
a.
Strategi peluncuran lambat
(slow-skimmingstrategy) adalah peluncuran produk baru denganharga tinggi dan
sedikit promosi
b.
Strategi penetrasi, yang meliputi:
- Strategi penetrasi cepat
(rapid-penerationstrategy) merupakan peluncuran produk pada hargarendah dengan
biaya promosi yang besar.
- Strategi penetrasi lambat
(slow-penerationstrategy) merupakan peluncuran produk baru denganharga rendah
dan tingkat promosi rendah.
9.
Jelaskan hal-hal terkait strategi
pertumbuhan:
Jawab :
a.
Tanda-tanda produk pada tahap pertumbuhan
o
Adanya pesaing baru yang mulai memasuki pasar
o
Perusahaan mulai mengadakan perbaikan terhadapproduknya
o
Harga produk cenderung tetap
o
Kegiatan promosi terutama periklanan dapat
dikurangi
o
Penjualan meningkat secara cepat.
b.
Tahap pertama dalam periode
pertumbuhanberdasarkan kurva volume penjualan aitu
penjualan meningkat dengan tingkat kenaikan yangsemakin besar
c.
Tahapan kedua dalam periode
pertumbuhanberdasarkan kurva volume penjualan yaitu penjualan meningkat tetapi tingkat
kenaikannyasemakin kecil.
d.
Strategi pemasaran pada tahap pertumbuhan
melaluipeningkatan kualitas produk yaitu menambah variansi model atau fitur
produk lainnya
e.
Strategi pemasaran pada tahap pertumbuhan
denganmencari segmen pasar baru yaitu bila
golongan pembeli lain yang selama ini belummengetahui, belum berminat, ataupun
belum membeli produktersebut perlu didorong untuk bersedia membeli.
f.
Strategi pemasaran pada tahap pertumbuhan
melaluisaluran distribusi baru yaitu
memperluas cakupan distribusi sehingga pasarn yang semakin
luas.
g.
Strategi pemasaran pada tahap pertumbuhan
melaluiperiklanan yaitu periklanan yang dilakukan tidak lagi
ditujukan untukmemperkenalkan produknya tetapi ditujukan untuk
meyakinkanpembeli bahwa produk perusahaan adalah yang terbaik
h.
Tujuan keputusan tentang penurunan harga
dalamtahapper tumbuhan yaitu untuk menguasai
pangsa pasar yang luas danmendapatkan laba yang tinggi.
i.
Latar belakang pengambilan keputusan menguasai
pasar yaitu jika perusahaan ingin meraij posisi
dominan di pasaratau menguasai pasar yang luas maka harus dikeluarkan
banyakbiaya untuk perbaikan produk, untuk peningkatan promosi, danuntuk
menambah saluran distribusi.
j.
Latar
belakang pengambilan keputusan mendapatkanlaba tinggi yaitu
bila penguasaan pasar yang luas kurang begitudianggap penting. Laba yang tinggi
dapat dicapai denganmenekan biaya serendah-rendahnya termasuk biaya
promosi,perbaikan produk maupun perluasan jaringan distribusinya.
10.
Jelaskan hal-hal terkait strategi kedewasaan:
Jawab :
a.
Kondisi tingkat penjualan dan pembelian dalam
tahap kedewasaan yang meningkat. Penjualan
total meningkat dengan lambat karena sebagian permintaan
berasal dari pelanggan atau pembeli lamasedangkan pembeli baru yang datang
hanya sedikit.
b.
Kondisi tingkat penjualan dan pembelian dalam
tahap kedewasaan yang stabil. Volume
penjualan sudah tidak meningkat lagi, tetapi masihdalam kondisi yang konstan
karena seluruh permintaan berasaldari pelanggan atau pembeli lama. Jadi sudah
tidak ada lagipembeli baru yang datang
c.
Kondisi tingkat penjualan dan pembelian dalam
tahap kedewasaan yang menurun. Tingkat
penjualan secara absolut mulai menurun karena beberapa
pelanggan sudah mulai meninggalkan produk perusahaan
dan membeli produk lain dari pesaing termasuk produk
pengganti.
d.
Kondisi penjualan dan persaingan dalam taha pkedewasaan yaitu dalam tahap kedewasaan tingkat penjualan
mengalamipenurunan sehingga menimbulkan kapasitas lebih dalam industrinya.
Namun, kelebihan kapasitas produksi tersebut justrumendorong untuk bersaing
secara lebih intensif, misalnyadengan menaikkan anggaran promosi. Tindakan ini
diimbaingioleh perusahaan lain dengan meningkatkan riset danpengembangannya.
Sampai pada batas tertentu tindakan-tindakan tersebut tidak mendorong kenaikan
dalam penjualansehingga laba akan menurun. Pada akhirnya, pesaing-pesaingyang
lemah akan jatuh dan industrinya hanya terdiri ataspesaing-pesaing yang kuat.
e.
Alternatif strategi modifikasi pasar meliputi
mencari pembeli baru dan segmen pasar baru;menaikkan penggunaan di antara para
pelanggan; memperbaikikembali posisi mereknya.
f.
Contoh produk dengan strategi mencari pembeli
barudan segmen pasar baru yaitu nilon
yang dulunya hanya dipakai untuk parasitsekarang digunakan untuk pakaian
g.
Contoh produk dengan strategi menaikkan penggunaan yaitu
obat-obatan seperti aspirin, dalam pembungkusnya tidak
hanya disebutkan sebagai obat penyembuh demam tetapi juga sebagai obat masuk
angin, pilek dan sakit kepala
h.
Contoh produk dengan strategi memperbaiki
kembali posisi merek misalnya minuman
coklat yang semula untuk orang dewasa sekarang juga
untuk para remaja dengan merek yang baru.
i.
iAlternatif strategi modifikasi produk meliputi
perbaikan kualitas, perbaikan fitur, dan perbaikancorak.
j.
Alternatif
strategi bauran pemasaran
v Menurunkan
harga untuk menarik segmen-segmen baru
v Mengadakan
periklanan yang lebih menarik atau promosi lainyang lebih agresif
v Mengalihkan
jalur distribusinya ke saluran distribusi yanglebih menguntungkan atau yang
menghasilkan volume penjualanlebih besar.
11.
Jelaskan hal-hal terkait strategi kemunduran:
Jawab :
a.
Beberapa faktor yang mempengaruhi panjangnya tahap
kemunduran:
Ø Perubahan
dalam selera konsumen
Ø Perubahan
kegiatan pesaing
Ø Kebijakan
meninggalkan produk oleh perusahaan
b.
Kondisi tingkat penjualan dalam tahap
kemunduran. Kondisi penjualan menunjukkan arah yang
semakin menurun.Penurunan tersebut berlangsung cepat atau lambat.
Denganmenurunnya penjualan, beberapa perusahaan akan terpaksakeluar dari
persaingan dan meninggalkan pasar yang ada untuk mencari
peluang di bidang lain yang lebih menguntungkan.
c.
Tujuan aktivitas periklanan dalam tahap
kemunduran yaitu hanya untuk mengingatkan konsumen bahwa
produk tersebut masih tersedia pasar meskupun
relatif sangat sedikit jumlahnya.
d.
Strategi pemasaran yang dapat ditempuh dalam
tahap kemunduran
Ø Mencari
produk yang lemah
Ø Membangkitkan
lagi produk tersebut
Ø Meninggalkan
produk tersebut
e.
Aktivitas yang dapat dilakukan perusahaan
daripencarian produk yang lemah yaitu dengan
menyusun suatu sistem informasi yang dapat menemukan produk-produk mana yang
benar-benar mengalami masa kemunduran.
Sehingga perusahaan perlu membentuk timyang melakukan pemeriksaan periodik pada
produknya.
f.
Sistem dan prosedur pemeriksaan produk yang
lemah
Ø Membentuk dan
menunjuk sebuah tim untuk mengembangkan
sebuah sistem pemeriksaan produk yanglemah
Ø Tim tersebut
mengadakan rapat untuk menentukan tujuan dan prosedur
yang berkaitan dengan produk itu
Ø Bagian
keuangan menyusun informasi tentang masing-masing produk selama beberapa tahun,
seperti informasi tentang penjualan industri, penjualan
perusahaan, biaya perunit, harga per unit dan informasi lain.
Ø Informasi
tersebut dianalisis, bisa menggunakan program komputer,
untuk menentukan produk yang paling meragukan
Ø Produk-produk
yang meragukan, setelah didaftar kemudian dilaporkan
kepada manajer yang berkepentingan, seperti manajer
produk sehingga ia dapat menentukan urut-urutan produk
tersebut sesuai dengan tingkat keraguannya.
Ø Tim audit
produk meneliti daftar urutan tersebut dankemudian memberikan saran sebagai
berikut: membiarkan saja seperti adanya,
memodifikasi strategi pemasarannya atau
meninggalkannya.
g.
Cara-cara yang dapat ditempuh dari
strategimembangkitkan lagi produk yang lemah
Ø Meningkatkan
upaya-upaya pada variabel bauran pemasaranyang dapat dimanfaatkan untuk
menghasilkan laba
Ø Mengalihkan
produk tersebut ke segmen pasar yang baru.
Ø Menemukan dan
mempromosikan penggunaan baru produktersebut kepada pembeli-pembeli yang ada
h.
Contoh strategi membangkitkan produk misalnya
jika konsumen merasa puas pada sebuah produktetapi tidak menyukai kemasannya,
maka harga dan sistemdistribusi dapat dipakai untuk menyelematkannya.
i.
Strategi yang dapat dilakukan dengan
meninggalkanproduk
Ø Membiarkan
saja dan menunggu sampai sampai tidak adapembelinya
Ø Menjual
produk tersebut kepada perusahaan lain dengan caralisensi
j.
Contoh
strategi meninggalkan produk yaitu Jika suatu perusahaan ingin membiarkan
produktersebut maka akan lebih baik kalau semua kegiatan promosidihentikan.
Misalnya lisensi produk elektronik merek X dijual perusahaan lain sehingga
namanya berubah atau tetaptergantung kebijakan perusahaan baru.
oke sob mungkin itu aja dulu. tugas selanjutnya segera posting gan
jangan sungkan berkunjung kembali
0 Response to "TUGAS 2 MANAJEMEN PEMASARAN"
Post a Comment